Kamis, 20 September 2012

22 September - BERTINDAK ATAS DASAR IMAN


“Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kau tantang itu” (1 Samuel 17:45).

Ia [Daud] melepaskan jubah perang raja dan sebagai gantinya hanya mengambil tongkat di tangan, dengan kantong gembalanya, dan sebuah kain gendongan sederhana. Setelah memilih lima batu licin dari kali, ia menaruhnya di dalam kantong, dan dengan kain di tangan ia mendekati Filistin. Sang pendekar melangkah maju dengan gagah berani dan bangga, berharap menemui pejuang besar dari Israel. Pembawa senjatanya berjalan di depannya, dan ia memandang seolah tidak ada yang bisa berdiri di hadapannya. Semakin dekat dengan Daud, ia melihat hanya seorang teruna remaja karena masih muda. Air mukanya merah karena sehat dan perawakannya ramping, tak terlindungi pakaian perang, memperlihatkan semua penampilan mudanya sangat berbeda dengan orang Filistin itu.

Goliat sangat terkejut dan marah. Kemarahannya meledak dalam kata-kata yang sengaja dikeluarkan untuk menakut-nakuti dan menekan pemuda berani di hadapannya. “Anjingkah aku,” seru raksasa itu, “maka engkau mendatangi aku dengan tongkat?” Kemudian orang Filistin itu mengutuki Daud demi semua dewa-dewa yang diketahuinya. Ia berseru menghina, “Hadapilah aku, maka aku akan memberikan dagingmu kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang di padang. ” Ancaman angkuh ini justru lebih mengilhami pemuda itu dengan keberanian yang lebih besar dan mengobarkan semangat yang lebih besar dalam dadanya untuk membungkam musuh bangsanya itu. Ia tidak menjadi lemah di hadapan pendekar Filistin itu. Ia tahu bahwa ia akan berjuang demi kehormatan Allahnya dan kelepasan Israel, dan hatinya dipenuhi dengan iman dan pengharapan.

Daud melangkah maju dan membalas ucapan lawannya dalam bahasa yang sederhana dan mengesankan. Dan ia berkata kepada orang Filistin itu, “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah.” Signs of the Times, 10 Agust. 1888.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar