Selasa, 18 September 2012

20 September - TUHAN SEDIAKAN


“Tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga” (Lukas 5:5).

Yohanes adalah salah seorang yang pertama kali mengenali Yesus sebagai Mesias. Ia telah mendengarkan khotbah Yohanes Pembaptis dan mengetahui bahwa ia diutus sebagai pendahulu Dia yang adalah Pengharapan Bangsa Israel. Bagi Yohanes dan Andreas, Yohanes Pembaptis menunjuk Yesus sebagai “Anak Domba Allah.”... Yesus melihat mereka mengikuti Dia dan menyambut mereka ke tempat kediaman-Nya yang bersahaja. Mereka tinggal bersama Dia malam itu, dan ketika mereka meninggalkan hadirat-Nya, mereka diyakinkan tentang tabiat Ilahi dan misi-Nya yang telah sepenuhnya dikuatkan.

Andreas pergi mencari saudaranya sendiri, Simon, dan membawa dia kepada Yesus dengan pernyataan yang gembira, “Kami telah menemukan Mesias.” Hari berikutnya Yesus memanggil Filipus untuk mengikut Dia....

Andreas, Petrus, Yakobus, dan Yohanes kemudian dikenal sebagai para murid Yesus.... Meskipun mereka hadir saat khotbah tentang Yesus dan banyak berkumpul di dekat-Nya, mereka masih melakukan pekerjaan mereka; tetapi waktunya tiba ketika mereka harus meninggalkan jala dan perahu nelayan mereka dan bergaul lebih dekat dengan Yesus. Orang banyak sekarang mengikuti pelayanan-Nya, dan saat Ia mengajar di tepi Danau Genesaret, mereka begitu “berdesak-desakan untuk mendengar Firman Allah,” sehingga Ia masuk ke perahu Petrus, dan dari atas perahu itu mengajarkan orang banyak di pantai. Ketika Ia sudah berhenti berbicara, Ia berkata kepada Petrus, “Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan.”

Petrus menjawab bahwa mereka telah bekerja keras sepanjang malam dan tidak mendapatkan apa pun. Usaha mereka tanpa hasil pada waktu biasa mencari ikan, dan tidak ada kemungkinan manusia berhasil sekarang; “tetapi,” kata Petrus, “karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga.” Itu sudah dilakukan, dan muatan ikan begitu banyak sehingga jala itu tidak dapat memuatnya, dan Yakobus dan Yohanes, rekanan Andreas dan Petrus, dipanggil untuk membantu mereka....

Pekerjaan penting dan kudus ada di hadapan mereka. Mereka harus meninggalkan satu-satunya cara mencari nafkah dan menghabiskan masa hidup mereka untuk menyelamatkan orang-orang berdosa yang akan binasa, tetapi sebelum Allah memanggil mereka kepada kehidupan penyangkalan diri ini dan ketergantungan kepada Allah, Juruselamat penuh kasih memperlihatkan kepada mereka bahwa, sebagai Tuhan atas langit dan bumi, Ia sangat mampu menyediakan segala kebutuhan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar